Android



Android apa yah …?

Akhir akhir pertanyaan ini sering muncul,istilah Android dengan logo robot hijau,Ingin tau ..!

Android adalah sistim oprasi untuk telephone seluler / handphone yang berbasis linux,juga menyediakan platform terbuka bagi pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri.dibentuklah oleh alliance,konsorsium dari 34 perusahaan,
Temasuk google,Htc,Intel,Motorola,Qualcomm,T-mobile dan Nvidia.
Jadi hp Android adalah Hp yang sistim kerjanya menggunakan Android,sudah banyak di pasaran indonesia contoh samsung galaxi spica,sony ericsson Xperia,Htc Magic,Motorola milestone,Huawei U8230,dll

Sejarahnya begini ?

Si hijau lucu ini sebenarnya berasal dari bahasa Yunani "andr" yang artinya "laki-laki", dan "eides" yang berarti "dari spesies; menyerupai".

Adalah pada tahun 2005, masa emas dimana Google berlimpah kekayaan. Agar tidak mubazir, Google kemudian membelanjakan uangnya dengan membeli perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang.


Dan salah satunya adalah dengan membeli sebuah perusahaan kecil yang bernama Android Inc, didirikan oleh Andy Rubin (sekarang direktur Google Mobile Platform). Perusahaan tersebut bergerak di bidang Aplikasi ponsel.

Rumor bahwa Google akan membuat ponsel pun kemudian berkembang hingga ke pabrik-pabrik ponsel. Isu ini bahkan diangkat oleh BBC dan The Wall Street Journal. Mereka percaya bahwa Google sedang mempersiapkan sebuah ponsel dimana terintegrasi oleh layanan-layanan Google, seperti Google Map dan Gmail di dalamnya.

Ternyata handphone Android punya kelebihan dan kelemahan juga,seperti Hp lainya Loh..! mau tau ?

Kelebihan Hp android

1.softwarenya yahut,ok punnya, memakai software basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru didalamnya,memodifikasi,bahkan menyempurnakanya

2.Stabil aman,tidak mudah heng / terkena virus

3.Lisensinya tidak semahal O,S blackberry,Iphone,Pda/windows mobile.

4.karena merupakan Aplikasi Gratis dari Google,maka Android memiliki aplikasi native
Google yangterintegrasi seperti,Google Maps,Pusmail Gmail,dan google kalender.
Kekurangan Hp android

1.Harga hp masih mahal ,mungkin lagi trend x yah../ blom banyak yang mengunakanya tenak aja, lama lama juga murah ko..
2.Aplikasinya terbatas ,blom banyak aplikasi yang tersedia untuk android,Mungkin Masih baru juga yah..

Android OS, besutan Google berhasil menggeser posisi sistem operasi Blackberry dalam persaingan OS smartphone. Dari survey yang dilakukan oleh perusahaan riset Canalys, Android kini berada di posisi kedua atau menguasai 17 persen pasar platform software smartphone pada kuartal ketiga tahun ini.

Sementara, Nokia Symbian yang menguasai 37 persen pasar OS smartphone masih memegang rekor sebagai pemimpin puncak pertarungan piranti lunak perangkat bergerak. Adapun BlackBerry dari Research In Motion (RIM), Apple (iPhone OS) dan Microsoft berturut-turut menempati posisi di belakang Android.

Terdongkraknya pamor Android, menurut Canalys, lantaran banyak pabrikan ponsel yang menggunakan sistem operasi tersebut. Sebut saja, Motorola Inc, HTC Corp dan Samsung Electronics, menempatkan Google Android sebagai platform terbaik untuk perangkat mobile buatan mereka.

Selain itu, Android dapat digunakan secara gratis dan itu menjadi salah satu pemicu tumbuhnya sistem operasi yang ‘baru’ hadir di pasar smartphone dua tahun lalu. Akibatnya, harga smartphone Android jauh lebih murah ketimbang ponsel buatan Nokia, RIM, dan Apple.

Selain digunakan untuk perangkat cellular, Android OS juga banyak dipakai sebagai sistem operasi di tablet komputer dan ebook reader.











Share: