Asal usul Sejarah dan Perkembangan technologi Handphone

ingin sekali Menjadi Teknisi Handphone tapi belum Sanggup ikut kursus karena biayanya tidaklah murah...Terkejut membayar ongkos service yang mahal saat Service atau
mungkin pernah ditipu "oknum Teknisi nakal" karena Anda sama sekali tidak
tahu Teknis HP sehingga Anda Sangat ingin faham & bisa SERVICE HP sendiri ...
Saat ini konter Service HP semakin dibutuhkan orang dan
anda tahu peluang usaha ini tetapi anda belum punya
skill / ilmu service handphone
Anda Berminat ..! kami fidaHPhone Service HP segala merk Insya Allah bisa menjadi solusi / membantu permasalahan anda secara Gratis .. .. sebelumnya mau kasih asal usul sejarah dan technologi handphone :

sejarah
Handphone Begitu Tren,populer saat ini, bahkan mulai beberapa tahun lalu, Hp / Handphone seolah sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat indonesia, mau dagang sayur, tukang sampah, sampe pejabat tak ketinggalan menggunakan fasilitas yang 10 tahun lalu di anggap wah, atau barang mewah.sekarang kaya kacang goreng anak sekolah dasarpun dibekali handphone.

bagaimana rasanya klo anda ketinggalan/tak bawa handphone ? merasa janggal ..
Selain hal yang saya sebutkan diatas, Handphone kini menjadi kebutuhan pokok orang indonesia di karenakan juga karena harga nya yang Murah, banyak Hp Murah beredar dengan kualitas yang lumayan canggih.apalagi ada yang namanya hp blackberry bisa buka internet dll/facebook yang lagi tren,tapi hati2 fasilitas canggih bisa jadi merusak/manfaat sekarang Tapi apakah anda tau sejarah awal Hp itu ada? Berikut adalah sejarah Handphone atau yang biasa di singkat Hp di indonesia.

Teknologi ini mulai digunakan tahun 1970 yang diawali dengan penggunaan mikroprosesor untuk teknologi komunikasi. Dan pada tahun 1971, jaringan handphone pertama dibuka di Finlandia bernama ARP. Menyusul kemudian NMT di Skandinavia pada tahun 1981 dan AMPS pada tahun 1983. Penggunaan teknologi analog pada generasi pertama menyebabkan banyak keterbatasan yang dimiliki seperti kapasitas trafik yang kecil, jumlah pelanggan yang dapat ditampung dalam satu sel sedikit, dan penggunaan spektrum frekuensi yang boros.
Di sisi lain, meningkatnya jumlah pelanggan tidak bisa ditampung generasi pertama. Selain itu, teknologi 1G hanya bisa melayani komunikasi suara, tidak seperti 2G yang bisa digunakan untuk SMS. NMT atau Nordic Mobile Telephone adalah jaringan handphone analog yang pertama kali digunakan secara internasional di Eropa Utara. Jaringan ini beroperasi pada frekuensi 450 MHz sehingga sering disebut NMT-450, ada juga NMT-900 yang beroperasi pada frekuensi 900 MHz.
Mengingat tuntutan pasar dan kebutuhan akan kualitas yang semakin baik, lahirlah teknologi generasi ke dua atau 2G. Generasi ini sudah menggunakan teknologi digital. Teknologi 2G lainnya adalah IS-95 CDMA, IS-136 TDMA dan PDC. Generasi kedua selain digunakan untuk komunikasi suara, juga bisa untuk SMS dan transfer data dengan kecepatan maksimal 9.600 bps (bit per second). Sebagai perbandingan, modem yang banyak digunakan untuk koneksi internet berkecepatan 56.000 bps (5,6 kbps). Kelebihan 2G dibanding 1G selain layanan yang lebih baik, dari segi kapasitas juga lebih besar. Karena pada 2G, satu frekuensi bisa digunakan beberapa pelanggan dengan menggunakan mekanisme Time Division Multiple Access (TDMA).
Standar teknologi 2G yang paling banyak digunakan saat ini adalah GSM (Global System for Mobile Communication), seperti yang dipakai sebagian besar handphone saat ini. GSM beroperasi pada frekuensi 900, 1800 dan 1900 MHz. GSM juga mendukung komunikasi data berkecepatan 14,4 kbps.
Sejarah
Sejarah GSM diawali dengan diadakannya konferensi pos dan telegraf di Eropa pada tahun 1982. Konferensi ini membentuk suatu study group yang bernama Groupe Special Mobile (GSM) untuk mempelajari dan mengembangkan sistem komunikasi publik di Eropa. Pada tahun 1989, tugas ini diserahkan kepada European Telecommunication Standards Institute (ETSI) dan GSM fase I diluncurkan pada pertengahan 1991.
Pada tahun 1993, sudah ada 36 jaringan GSM di 22 negara. Keunikan GSM dibanding generasi pertama adalah layanan SMS. SMS atau Short Message Service adalah layanan dua arah untuk mengirim pesan pendek sebanyak 160 karakter. GSM yang saat ini digunakan sudah memasuki fase 2.
Setelah 2G, lahirlah generasi 2,5 G yang merupakan versi lebih baik dari generasi kedua. Generasi 2,5 ini mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat. Yang terkenal dari generasi ini adalah GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE.
Baru-baru ini, tren komunikasi seluler mulai beralih kepada generasi berikutnya yang diprediksikan akan menjadi teknologi komunikasi seluler yang menjanjikan. Generasi 3 atau 3G merupakan teknologi terbaru dalam dunia seluler. Generasi ini lebih dikenal dengan sebutan UMTS (Universal Mobile Telecommunication System) atau WCDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access). Kelebihan generasi terbaru ini terletak pada kecepatan transfer data yang mencapai 384 kbps di luar ruangan dan 2 Mbps untuk aplikasi indoor.
Selain itu, generasi ini dapat menyediakan layanan multimedia seperti internet, video streaming, video telephony, dan lain-lain dengan lebih baik. Generasi ketiga ini menggunakan teknologi CDMA yang awalnya muncul dari teknologi militer Amerika Serikat dan dikhususkan pada standar IS-95. Beberapa paten pada jaringan-jaringan yang ada sekarang yang berbasis pada teknologi CDMA dimiliki Qualcomm Inc., sehingga pembuat peralatan membayar royalti.
Teknologi CDMA membuat kapasitas suatu sel menjadi lebih besar dibanding sistem GSM karena pada sistem CDMA, setiap panggilan komunikasi memiliki kode-kode tertentu sehingga memungkinkan banyak pelanggan menggunakan sumber radio yang sama tanpa terjadinya gangguan interferensi dan cross talk. Sumber radio dalam hal ini adalah frekuensi dan time slot yang disediakan untuk tiap sel.
Sistem komunikasi wireless berbasis CDMA pertama kali digunakan pada tahun 1995 dan sampai sekarang, CDMA merupakan saingan utama dari sistem GSM di banyak negara. Pada tahun 1999, the International Telecommunication Union (ITU) memilih CDMA sebagai standar teknologi untuk generasi ketiga (3G). Varian CDMA yang banyak digunakan adalah WCDMA dan TD-SCDMA.
Pada bulan Mei 2001 sudah terdapat 35 juta pelanggan CDMA di seluruh dunia. Dan pada tahun 2003, terdapat 100 juta pelanggan yang menggunakan CDMA di seluruh dunia. Kelebihan utama yang dimiliki generasi ketiga adalah kemampuan transfer data yang cepat atau memiliki bit rate yang tinggi.
Tingginya bit rate yang dimiliki menyebabkan banyak operator CDMA dapat menyediakan berbagai aplikasi multimedia yang lebih baik dan bervariasi, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Bayangkan saja, hanya dengan sebuah handphone, kita memiliki fasilitas kamera, video, komputer, stereo dan radio. Selain itu, berbagai fasilitas hiburan pun bisa dinikmati seperti video klip, keadaan lalu lintas secara real time, teleconference, bahkan sekadar memesan tempat di restoran, cukup dengan menekan tombol di handphone.
Ketika kita duduk di rumah pun, kita masih bisa melakukan berbagai hal tanpa harus keluar ruangan, seperti mencek saldo bank, membayar SPP untuk kuliah anak-anak, memesan makanan dan lain-lain. Itu semua bukan hal yang mustahil bagi generasi ketiga.
Dalam jangka panjang, CDMA dan teknologi-teknologi lainnya seperti GSM akan dibandingkan berdasarkan pada biaya total per pelanggan dari jaringan infrastruktur dan harga pesawat telefon.Dengan 3G, komunikasi murah dan berkualitas bukan impian belaka.

Perkembangan Teknologi Selular :

1G wireless : _ AMPS (Advanced Mobile Phone Service)
- Analog Voice Service : Hanya bisa melakukan layanan voice/suara berbentuk analog dan tidak
bisa melakukan layanan data.

2G wireless : _ CDMA (Code Division Multiple Access)
_ TDMA (Time Division Multiple Access)
_ GSM (Global System for Mobile Communications)
_ PDC (Personal Digital Cellular)
- Digital Voice service : Layanan voice/suara sudah berbentuk digital.
- Kecepatan Data :9.6K to 14.4K bit/sec.
- CDMA, TDMA and PDC offer one-way data transmissions only : pengiriman data hanya terjadi
satu arah.
- Ada layanan tambahan seperti Caller ID
- Layanan data Tidak selalu dalam posisi on/hidup

3G wireless : _ W-CDMA (Wide-band Code Division Multiple Access)
_ CDMA-2000
- Superior voice quality : Kualitas suara sudah sangat baik
- Kecepatan Data :up to 2M bit/sec
- Layanan data selalu dalam kondisi on/hidup
- Broadband data services : layanan data seperti video streaming dan multimedia
Sebenarnya HSDPA itu merupakan perkembangan dari WCDMA dan saya mau jelaskan WCDMA itu teknologinya 3G dan HSDPA itu 3G+, setahu saya yang membedakannya hanya dalam kecepatan/bandwith transfer datanya saja, kalau WCDMA = 0.384 - 2 Mbps, sedangkan HSDPA > 5Mbps



untuk lebih lengkap saya kasih link buku service hp terlengkap Klik di sini !
Share: